Hilangkan Stress dengan Molly Balon

By Admin

*Mudah dan Murah, Budidaya Skala Rumah Tangga

nusakini.com - Makassar. Stres banyak dipacu karena tingkat ketegangan, lantaran aktifitas rutin membuatnya lelah, jenuh dan kontrol emosi yang menurun. Terlebih tingkat stres ini lebih condong dialami pekerja kantoran yang memiliki rutinitas yang menguras otak dan tenaga tanpa variasi, monoton dalam lingkup aktifitas kantornya.
       Untuk mensiasati keadaan yang demikian, sebagian besar orang berusaha menikmati suasana sejuk, asri setiap akhir pekan bersama keluarga. Hal inipun dapat dilakukan setiap hari tanpa harus meninggalkan rumah.
       Penyegaran mata dan ketenangan hati sedikitnya dapat menghilangkan stres akibat aktifitas kerja yang cukup padat. Salah satunya dengan bentuk refreshing sehat alami dengan pemandangan hijau dan berada di depan aquarium melihat gerakan lincah ikan-ikan hias yang berada di dalamnya dengan sentuhan air yang menyegarkan pandangan. Otomatis ini dapat membantu perasaan menjadi tenang dan segar untuk sejenak melupakan pekerjaan yang membuat stres.
       Gerakan lincah ikan diaquarium dapat memicu motivasi diri untuk terus berfikir positif, sehingga tingkat stres dapat dikurangi. Jika hal ini berlangsung terus menerus, dapat menjadi obat dan penawar stres.
       Olehnya itu, sangat dibutuhkan suasana rumah yang memiliki aquarium meski dalam skala kecil dengan memelihara jenis ikan hias yang ada termasuk ikan hias molly balon.
       Pecinta ikan di Indonesia sangat menggemari Ikan molly balon. Selain jenisnya yang beragam, ikan jenis ini memang sangat lucu mulai dari sirip atas dan motifnya beraneka ragam. Bahkan, aquarium dapat menampungnya dalam kapasitas banyak dari ikan hias lainnya karena ukuran dan tubuhnya yang tidak terlalu besar.
      Salah satu pemerhati ikan hias Di Desa Tanete Kecamatan MaritengngaE Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan Mukhlis, S.Pi membudidayakan jenis ikan molly balon dengan berbagai koleksian indukan betina dan jantan ikan hias molly Balon (Poelicia latifinna salfin molly) dengan melakukan persilangan, Persilangan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dan tampilan lebih baik dan menarik.
       Budidaya ini dilakukannya selain mudah juga murah. Awalnya, induk di dapat dari keluarga yakni keponakan, kemudian dilakukan budidaya dengan persilangan. Hasil silangannya dilakukan di dalam wadah streefoarm.
       Indukan Molly yang diperoleh dari keluarga dicoba untuk disilang-silangkan sebagai bahan hiburan dikamar. Wadah penampungannya pun memakai streefoarm, "ikan molly ini beranak, tiap pagi saya panen anakannya supaya induk tidak memakannya, dikatakan mudah dan murah, karena dapat dilakukan skala rumah tangga," ungkap Mukhlis.
       Langkah yang saya lakukan untuk membudidayakan jenis ikan molly balon dengan berbagai koleksian indukan betina dan jantan ikan hias molly Balon (Poelicia latifinna salfin molly) dengan melakukan persilangan dengan cara sederhana :

1. Persiapan wadah pemijahan, meliputi persiapan streefoarm yang steril, ketinggian air minimal 7 cm - 10 cm. Pemasangan selang aerasi dan batu aerasi,
2. Pelepasan Induk. Induk yg mau dipijahkan sebaiknya dipilih induk yang memiliki corak warna yang bagus
3. Pemijahan. Pemijahannya dibiarkan selama 2 hari kontrol awal sambil memberikan pakan komersial berprotein 20-30% , pemberian pakan hanya 2 kali dalam 24 jam,
4.Pemanenan larva. Larva yang sudah keluar dari perut induknya kemudian dipisahkan secepatnya ke wadah pendederan yang sudah ada penyediaan pakan alami Daphnianya, hal tersebut dilakukan mengingat adanya sifat kanibal di induknya.

         Ikan molly balon ini sangat cantik bila di tempatka di aquarium, jenis inipun akan punya andil berdampingan dengan Koi jika sudah mendapat strain yang berkualitas. Dari segi penjualan akan sangat menguntungkan karena dapat dilakukan dalam skala rumahtangga, tidak membutuhkan waktu lama, mudah dan murah lagi, plus penghilang stres dikala tiba di rumah.(ros)